Senin, 03 November 2014

Mudahnya Berbelanja di Bukabuku.com

Bulan lalu, saya mengunjungi salah satu blog favorit saya, yaitu blog misteri Enigma. Ternyata sang penulis telah menerbitkan buku keduanya pada bulan Februari 2014. Karena saya telah memiliki buku pertamanya, maka saya pun ingin melengkapi dengan membeli buku keduanya. Di situ dijelaskan bahwa buku tersebut tersedia juga secara online di beberapa situs penjualan buku. Karena saya pikir mungkin buku tersebut sudah tidak dijual lagi di toko buku karena sudah berlalu beberapa bulan, maka saya memutuskan untuk mencoba memesannya melalui salah satu situs, yaitu Bukabuku.com.


Saya memilih situs Bukabuku.com karena menawarkan harga jual buku yang paling murah di antara situs lainnya yang disebutkan di blog itu.


Tanpa berpikir panjang, saya langsung membuka tautan yang diarahkan ke buku Enigma 2 di Bukabuku.com. Tautan tersebut menampilkan rincian informasi tentang buku itu, seperti harga buku setelah diskon, ketersediaan, deskripsi, review, dan lain-lain. Setelah itu, klik "Tambah ke Keranjang Belanja" untuk memesannya saat itu juga. Kita juga bisa memilih "Tambah ke Daftar Keinginan" jika kita belum siap untuk membelinya.


Karena saya hanya ingin membeli sebuah buku, maka saya membiarkan angka pada kolom jumlah tetap berisi angka 1. Selanjutnya, klik "Lanjutkan ke Pembayaran". Pilihan "Lanjutkan Belanja" digunakan jika kita juga ingin membeli buku yang lain.


Kemudian, kita akan diminta memasukkan email dan password akun kita atau diarahkan ke formulir pendaftaran terlebih dahulu jika merupakan pelanggan baru. Kita juga dapat memilih "Login with Twitter" untuk menautkan akun kita dengan Twitter.


Setelah login, kita diminta untuk mengisikan informasi alamat lengkap yang digunakan sebagai tujuan pengiriman buku tersebut. Kita juga diminta memasukkan nomor telepon yang bisa dihubungi jika pengirim buku mengalami kendala dalam pengiriman. Klik "Gunakan Alamat Ini" untuk menyetujuinya.


Setelah itu, pilih cara pembayaran yang kita inginkan. Pilihan COD hanya tersedia untuk daerah Jakarta. Saya pilih "Transfer Mandiri" karena saya memiliki rekening di Bank Mandiri.


Selanjutnya, pilih layanan pengiriman yang diinginkan. Saya memilih "Standard", yaitu layanan JNE Regular dengan estimasi barang tiba dalam 4 hari kerja dengan biaya Rp25.000,00.


Kemudian, akan tampil rincian informasi yang telah kita pilih. Klik "Setujui" jika semua informasi telah sesuai dengan keinginan kita atau ubah jika belum sesuai.


Kita akan mendapatkan email berisi nomor rekening yang harus kita kirimkan biaya pembayarannya beserta nominalnya.


Selanjutnya, kita harus membayarnya dalam waktu kurang dari 48 jam agar pemesanan segera dapat diproses.


Berikutnya, kita perlu melakukan konfirmasi pembayaran. Klik centang pada nomor order yang sesuai, masukkan nama pemegang rekening yang digunakan untuk mengirimkan biaya pembayaran, pilih bank tujuan pengiriman biaya pembayaran, dan pilih waktu, jumlah, serta jenis pembayaran. Klik "Setujui" jika data yang dimasukkan sudah benar.


Kita akan mendapatkan email lagi berupa detail konfirmasi pembayaran. Tunggu hingga tim keuangan mereka memverifikasi pembayaran kita.


Setelah pembayaran diverifikasi, kita akan mendapat email notifikasi bahwa pesanan kita memasuki tahap proses dan siap dikirimkan. Tunggu beberapa saat.


Setelah pesanan dikirimkan, kita akan mendapatkan email notifikasi berupa detail pengiriman pesanan beserta nomor pelacak yang dapat digunakan untuk melacak status pengiriman barang pada situs web agen pengiriman yang bersangkutan.


Dan akhirnya, pesanan tersebut tiba di tempat tujuan. Saya agak kaget mengetahui bahwa lama pengiriman hanya membutuhkan waktu dua hari, berbeda dengan estimasinya yaitu empat hari. Tapi syukurlah pesanan saya datang sesuai dengan yang diharapkan dan tidak ada unsur penipuan yang mengiringinya.


Itulah pengalaman saya berbelanja secara online di Bukabuku.com. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda. Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca, sampai jumpa di entri saya selanjutnya!

2 komentar: